Asal Muasal Tari topeng





Tari yang satu ini tentunya bukan lah suatu jenis tari yang baru bagi kita semua, karena seperti yang sudah kita ketahui dan lihat bersama sama. Jenis tari Topeng ini sering kali di tampilkan pada berbagai acara atau juga sering kita lihat di televisi sebagai hiburan unsur unsur keindahan seni tari.
1. Asal Muasal Tari Topeng
Adapun tari Topeng ini merupakan salah satu jenis tarian yang  berasal dari wilayah kesultanan Cirebon. Tari Topeng ini merupakan kesenian tradi

sioanal khas Cirebon yakni jenis tarian Jawa Barat. Disebut tari Topeng karena memang semua penarinya menggunakan properti topeng pada saat menari. Hal tersebut bukan lah tidak bertujuan ya, setiap topeng yang dipakai tentunya memiliki maksud dan tujuan tersendiri sesuai dengan  jenis topeng yang dipakai oleh sang penari. Thomas Stamford Raffles dalam bukunya “ The Histoty Of Java “ mendeskripsikan dalam buku nya bahwa kesenian Topeng Cirebon merupakan penjabaran dari cerita Panji dimana dalam satu kelompok kesenian topeng terdiri dari dalang ( yang menarasikan naskah ceritanya ) dan enam orang pemuda yang memnetaskannya diiringi oleh empar orang musisi gamelan.

2. Jenis Tarian Topeng
Pada waktu terdahulu, tari Topeng ini juga digunakan sebagai salah satu media untuk meyebarkan agama Islam di wilayah Cirebon oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga. Tari Topeng ini disebut–sebut sebagai salah satu simbol hidup manusia. Yang mana tarian tersebut di golongkan ke dalam 5 jenis topeng yang memiliki filosofi yang berbeda–beda satu dengan yang lainnya.  Berikut ini informasi selengkapnya untuk anda.
•Tari Topeng Panji
Jenis tari yang satu ini yakni menggambarkan kesucian seorang anak yang baru lahir. Gerakan tarian ini juga terkesan sederhana, halus, serta lembut dengan mengguankan topeng berwarna putih serta hanya terdapat mata, hidung dan mulut tanpa adanya guratan yang lain.
•Tari Topeng Samba
Jenis tari yang satu ini menunjukkan ketika seorang anak sudah mulai memasuki dunia anak– anak. Tarian topeng ini terkesan lincah, lucu dan genit meski belum terkesan luwes layaknya seperti seorang anak-anak. Topeng yang digunaan berwarna pink muda.
•Tari Topeng Rumyang
Jenis tari ini yakni menunjukkan seseorang yang sudah mulai masuk usia remaja. Gerakan tarian ini biasanya cenderung labil, dengan adanya pengulangan–pengulangan. Topenganya menggunakan warna merah muda dengan ukiran sederhana.
•Tari Topeng Tumenggung
Jenis tari yang ini menunjukkan seorang yang sudah menginjak dewasa dan sudah menemjuakn jati diri. Tarian ini memiliki gerakan yang tegas, bertanggung jawab serta bijaksana. Topeng yang digunakan berwarna merah dengan berbagai guaratan dan kumis.
•Tari Topeng Kelana
Jenis tari yang tergolog rumit serta gerakan yang agresif karena gabungan dari semua tari yang sebelumnya.

You Might Also Like

0 Comments